Cara Mudah Membuat Privacy Policy di Blog - Manggo News

Cara Mudah Membuat Privacy Policy di Blog

Privacy Policy adalah sebuah informasi (dokumen hukum) yang mengungkapkan informasi tentang pengelolaan situs (blog). Privacy Policy dibuat oleh blogger yang ingin terjun kedalam dunia bisnis online, seperti Google Adsense.



Jika kamu buka-buka blog lain dan menemukan Privacy Policy mereka berbahasa Inggris, itu karena mereka menggunakan jasa pembuatan. Jasa semacam ini kebanyakan menggunakan bahasa Inggris. Walaupun begitu kamu tetap bisa menggantinya ke dalam bahasa kamu sendiri (Indonesia).


Privacy Policy sebenarnya bisa kamu buat sendiri, sesuai dengan kata-kata kamu sendiri, namun karena ketentuan baku dari berbagai pihak, sehingga banyak sekali layanan yang menyediakan pembuatan Privacy Policy secara online dan gratis.

(Baca : Cara Mudah Membuat Terms of Service di Blog)

Pada pembahasan kali ini, saya akan membuat Privacy Policy untuk blogspot dengan mudah dan sangat gampang.

Untuk membuat Privacy Policy mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Ada banyak situs penyedia pembuatan Privacy Policy gratis, namun saya akan membuat dari situs Privacy Policy Online. Klik saja linknya dan masuk ke halaman tersebut. 

2. Pada halaman depan, terdapat sebuat form yang harus kamu isi. Isilah semua yang dibutuhkan. Pada kolom Your Site Title isi  dengan nama blog kamu, lalu alamat blog kamu dibawahnya. Pada kolom contact link, masukkan halaman Contact Us blog kamu, lalu terakhir email kamu. Setelah itu pada bagian Advertisers pilihlah layanan iklan yang akan kamu ikuti, lalu klik Generate Policy. Kamu juga bisa langsung mengcopynya melalui tombol Generate HTML dibawahnya. 



3. Jika kamu mengklik Generate Policy akan muncul jendela baru pada browser, itu adalah Privacy Policy kamu, bisa kamu copy langsung, namun lebih baik mengcopynya dalam bentuk HTML agar semua element sesuai. Lihat dibagian bawah terdapat tombol Generate HTML for this page. Copy dan paste di halaman statis blog kamu. 

(Baca : Cara Mudah Membuat Disclaimer di Blog)

4. Untuk memasangnya diblog, buatlah Laman (statis) baru. Caranya seperti biasa. Masuk ke blogspot, pilih Laman > Laman Baru. Pada menu bar, rubah mode Compose menjadi HTML lalu paste script tadi kedalamnya. Beri judul Privacy Policy dan publikasikan. 

Kini kamu sudah memiliki Privacy Policy, selanjutnya kamu membuat Disclaimer. (Baca: Cara Mudah Membuat Disclaimer di Blog) saya akan membahasnya di artikel terpisah. Jika masih kurang jelas, silahkan meninggalkan komentar dibawah ini. Salam Blogger!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel